Asal muasal April Mop

Ekspresi BahagiaPerkataan “April Mop” yang kita kenal sekarang ini, diserap dari bahasa Belanda. Sedangkan dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan sebutan “April Fool’s Day”. Dan di Perancis lebih dikenal dengan sebutan “Poisson d’Avril”  yang berarti Ikan April. Oleh sebab itulah di Prancis anak-anak sering saling mengganggu dengan menggunting gambar ikan dan di tempelkan di punggung lawannya.  Sementara di Spanyol, rakyat disana merayakan April Mop itu pada tanggal 28 Desember. Hari itu kemudian disebut dengan “Dia de los Santos Inocentes” = Hari anak tak bersalah. Oleh sebab itulah juga ketika pemerintah Spanyol ingin mengeluarkan undang-undang baru yang seharusnya disahkan pada tanggal 28 Desember 1978, pengesahan kemudian diundur sehari agar tidak dijadikan bahan tertawaan atau dianggap sebagai lelucon.

April Mop itu adalah hari Dusta, dimana orang dihalalkan untuk berdusta ataupun menyebar luaskan kabar dusta (hoax) sekedar hanya untuk  membuat lelucon. Para agamaist di Eropa menilai asal muasal dari April Mop itu jatuh pada tanggal 1 April,  karena sebenarnya hari tersebut adalah hari lahir dan juga hari kematian dari Yudas sang penghianat Yesus. Yudas sendiri diidentikan sebagai iblis sang raja bohong !.

Tidak bisa dipastikan mana yang benar asal muasal dari April Mop itu, tetapi yang masuk diakal dan juga banyak diterima oleh kebanyakan orang saat ini, adalah asal muasal dari April Mop terjadi karena adanya perubahan penanggalan.

Penanggalan Rumawi hanya terdiri dari sepuluh bulan, maka dari itu dahulu mereka merayakan hari Tahun Baru-nya pada tanggal 1 April. Kata April di diserap dari bahasa Belanda yang berasal bahasa Latin “aprire” berarti “membuka” (artinya kurang lebih akan menjadi Membuka Tahun Baru ! ). Maka dari itu juga rakyat Romawi kuno merayakan pesta ini seperti layaknya pesta karnaval yang disebut Quirinalia pada tanggal 1 April.

Pada th 1564 Raja Perancis Karel IX mengadakan perubahan – reform penanggalan, dari tanggal Rumawi menjadi tanggal Anno Domini seperti yang kita pakai sekarang ini. Oleh sebab itu mereka tidak merayakan tahun baru pada tanggal 1 April lagi, melainkan pada tanggal 1 Januari.

Pada saat tesebut belum ada TV/Radio maupun koran, sehingga penyebaran informasi pun sangat lambat sekali. Hal inilah yang menyebabkan banyak rakyatnya jadi telmi (telat mikir), sehingga mereka tetap merayakan hari tahun barunya pada tanggal 1 April. Mereka yang telmi inilah yang akhirnya menjadi buah tertawaan para penduduk seluruh Perancis pada masa itu. Mulai dari situlah timbul istilah maupun kebiasaan April Mop seperti membohongi dan menipu yang selalu dilakukan pada tanggal 1 April. Kata Mop itu sendiri diserap dari bahasa Belanda yang berarti dongeng !

Ini hanya salah satu versi dari sekian banyak versi-versi lainnya, walaupun demikian berdasarkan peninggalan sejarah telah terbuktikan bahwa April Mop itu sudah dikenal jauh sebelumnya yaitu di Prancis pada tahun 1508 , dan di Belanda pada tahun 1539.

April Mop bukan hanya disebar luaskan dan dibuat oleh perorangan saja, bahkan kantor-kantor media eletronik maupun cetak turut aktif menciptakan Hoax – April Mop tersebut.

Di tahun 1957, TV BBC dalam programnya Panorama menayangkan berita, bahwa di Swiss orang sudah bisa panen memetik mie Spageti dari pohon, sehingga BBC kebanjiran pertanyaan bagaimana caranya agar bisa menanam pohon Spageti.

Di Australia siaran TV Seven Network memberitakan, bahwa para pemirsa TV sekarang ini bukan hanya sekedar bisa melihat tayangan gambar bunga saja di layar kacanya, melainkan juga sudah dapat mencium harumnya bunga tersebut. Teknik canggih terbarunya ini disebut “Smell-o-Vision”. Akibatnya jutaan pemisra menempelkan hidungnya ke layar kaca mereka dengan harapan bisa mencium gambar bunga yang ditayangkan.

Di Koran “Bergens Titende”- Norwegia diberitakan, bahwa kantor bea cukai setempat telah menyita barang selundupan berupa jutaan liter minum keras (miras). Kalau ini dibuang begitu saja tentu sangat disayangkan, maka dari itu miras ini akan dibagikan kepada semua rakyatnya. Bagi mereka yang ingin mendapatkan miras secara gratisan, dipersilahkan membawa botol kosong ke kantor bea cukai. Akibatnya ribuan orang mengantri di depan kantor bea cukai setempat dengan botol kosong.

Di Jerman kantor Telkom setempat pernah dibuat pusing, karena diberitakan bahwa terorist telah mampu memasukan bom peledak secara digital. Virus Bom Peledak itu masuk ke dalam pesawat telpon, setelah anda menelpon keluar kota. Berdasarkan ultimatum dari sang terorist, pada pkl 18.00 sore waktu setempat bom akan meledak. Cara satu-satunya untuk memusnahkan atau melumpuhkan ledakan bom tersebut ialah dengan memasukan telpon anda ke dalam ember penuh dengan air. Akibatnya ribuan telpon setempat jadi rusak, karena terendam air dalam ember.

Di Indonesia nampaknya pengaruh april mop belum begitu terasa. Ataukah mungkin sudah tidak menjadi sesuatu yang spesial karena di Negeri ini sudah hampir setiap hari terjadi penipuan (baik yang ke perseorangan maupun ke publik) ?. bagaimana dengan kesanmu ?

About these ads

17 Responses to Asal muasal April Mop

  1. [...] Adanya perubahan penanggalan Romawi.  Sumber [...]

  2. putri renata says:

    siiiiiiiiiiiiiiip!!!!!!!!!!!!!!!

  3. cozua says:

    ooooooooooooooooooooo………….
    baguslah gw jd g dikerjai ma org2. btw pemerintah da tindakan g ya? wah.wah.kalo biza sich tu juga dilarang di negara tercinta ini………………………………………………………chayooooooooooo

  4. aatblog says:

    Nggak tau ya kalau bakalan di larang disini,.. tapi yang penting adanya April Mop membuat kehidupan semakin beragam, terlepas dari baik atau buruknya.

  5. jazzyla says:

    ass,
    ooowh jd geto y??
    coz,aku ndri juja bingung soalna ada be2rapa sumber yg bilang klo april mop itu adl hari pembantaian umat islam… tp kya’e aku lebih setuju yg diatas deh coz dr be2rapa sumber yg prnah aku baca kbnyakan gag ndukung klo april mop dikatakan hari pembantaian umat islam,,
    ws.

  6. aatblog says:

    Hmmm.. gw sendiri sih nggak mau merayakan april mop,.. kesannya kurang kerjaan banget kali ya,.. karena gw fikir masih ada banyak hal positif yang bisa dilakukan,.. informasi ini cuma untuk memperluas horizon kita aja,.. ga lebih,..

  7. awe says:

    Ada yg copy paste artikel ni..memalukan banget…
    cb liat di

    http://orang-blog.infogue.com/asal_muasal_april_mop_hari_isenk_sedunia_hahha

  8. bhogey says:

    sipp dah . .
    dari pada salah kaprah mendingan qt gausah ngrayain hal-hal yang ga pentink ma ga jelas kek geto..
    hho

  9. Blog Sejarah says:

    bro, ijin copy sebagian artikelnya ya… linkback ke artikel ini aq tetap pasang lho, silahkan di cek di:

    http://www.asaloesoel.co.cc/2009/04/asal-usul-april-mop.html

    thx b4

  10. [...] Di Jerman kantor Telkom setempat pernah dibuat pusing, karena diberitakan bahwa terorist telah mampu memasukan bom peledak secara digital. Virus Bom Peledak itu masuk ke dalam pesawat telpon, setelah anda menelpon keluar kota. Berdasarkan ultimatum dari sang terorist, pada pkl 18.00 sore waktu setempat bom akan meledak. Cara satu-satunya untuk memunahkan atau melumpuhkan ledakan bom tersebut ialah dengan memasukan telpon anda ke dalam ember penuh dengan air. Akibatnya ribuan telpon setempat jadi rusak, karena terendam air dalam ember. (sumber : http://aatblog.wordpress.com/2007/03/23/asal-muasal-april-mop/) [...]

  11. aatblog says:

    @Blog Sejarah
    Ya ndak papa,.. saya juga tulis ulang artikel ini dari hardcopy salah satu kliping sekitar 2 tahun yang lalu,… yang penting buat saya sih penyebaran informasinya,.. lebih banyak yang tau semakin baik. Artinya kan kita memberikan informasi kepada orang lain.

    Kalau masalah hak cipta, sebenernya lebih berpulang pada diri sendiri. itu cuma opini loh.. ^_^. Feel free lah..

  12. Blog Sejarah says:

    ok bro, thx again :) n salam kenal…

  13. arie says:

    maaf mas aad, aku gak minta ijin dl buat ngambil artikel ini. Tapi aku tampilin link-nya kok. Terimakasih

  14. aatblog says:

    @Arie
    Ya,.. gpp Mas Arie,.. silahkan saja,.. feel free,.. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 472 other followers

%d bloggers like this: