Cara mengetahui Unknown Device di PC

Tanda Tanya di Device Manager ?Hari ini gw memformat ulang sebuah komputer yang ditarik karena usernya mengklaim merasa bahwa PC nya sudah terlalu lambat. Sayangnya, gw lupa untuk membackup driver yang ada di PC itu, sehingga mau nggak mau gw harus download drivernya dari internet. Setelah semuanya selesai, ternyata masih tersisa satu device yang tidak dikenali (unknown Device). Nah, untuk kalian yang punya problem yang sama, gw dapet referensi bagus dari internet. Berikut sadurannya, semoga bisa membantu :

Bagaimana mencari driver untuk Unknown Devices

Setiap perangkat di komputer mempunyai Vendor ID dan Device ID. Anda hanya tinggal mengetahui ID ini untuk mencari driver yang tepat. Sekarang mari kita lihat bagaimana Anda dapat mencari Vendor ID dan Device ID.

Langkah 1:
Buka Device Manager

Langkah 2 :
trus keliatan unknown device disini yang ber icon tanda tanya ‘?’ warna kuning, contoh adalah Sound Card yang terdeteksi sebagai unknown device.

Langkah 3:
Klik Kanan pada unknown device dan klik Properties. kita akan melihat properties dari device tersebut.

Langkah 4 :
Dibawah window properties, lihat tab Details dan pilih Device Instance ID dibawah drop down box yang ada.

Langkah 5 :
Saat kita pilih Device Instance ID, kita melihat sesuatu seperti dibawah ini

PCI\VEN_8086&DEV_266E&SUBSYS_3006103C&REV_03\3&B1BFB68&0&F2
Vendor ID dapat dilihat setelah kode VEN dan Device ID berada di sebelah kode DEV. Misalnya, pada contoh diatas, Vendor ID dan Device ID nya adalah…

Vendor ID : 8086
Device ID : 266E

Langkah 6:
Setelah mengetahui Vendor ID dan Device ID, kunjungi situs http://www.pcidatabase.com/. Di dalam situs tersebut kita dapat mencari database informasi perangkat berdasarkan Vendor dan Device ID.

Setelah mengetahui secara detail informasi terkait Vendor dan Device yang sebelumnya tidak diketahui (unknown device), sekarang dapat mencari driver yang cocok melalui situs pembuat perangkat tersebut ataupun melalui search engine seperti http://www.Google.com, atau bahkan yang lokal punya seperti http://www.driverlib.com.

65 Responses to Cara mengetahui Unknown Device di PC

  1. Orang Ganteng says:

    wah artikel sangat bermanfaat….
    Terima kasih mas aat.
    kerja dimana ya?

  2. adit says:

    saya punya masalah flash disk

    awalnya saya copy sbuah data . tiba2 error copying

    kmudian flash disk jadi unknown device

    codenya sperti ini USB\VID_0000&PID_0000\5&200E9ECA&0%2

    mohon bantuannya .

    masalahnya ini flash disk temen .

    biar dapat brfungsi kembali flash disk ini

  3. aatblog says:

    Saya pribadi juga pernah mengalami hal seperti ini.
    Masalahnya adalah cara diatas hanya berlaku untuk hardware yang menancap di PCI atau Integrated di Motherboard, bukan untuk Plug and Play Device seperti USB.

    Untuk masalah USB, coba colok USB tersebut di PC atau Notebook lain. Jika memang masih sama, ada kemungkinan Flashdisknya Rusak. Tapi jika di tempat lain bisa,.. berarti tinggal restart PC (yg tidak bisa), kemudian dari hardrware properties uninstall Unknown device-nya. Lalu colok ulang Flashdisknya.

    Selamat mencoba

    • danika_hansamu says:

      maaf langsung reply,,,
      berbagi pengalaman saya, mengenai flashdisk yg tidak terbaca secara langsung pada Port USB PC manapun,,,
      coba flashdisk menggunakan Port USB tambahan.
      Kasus :
      Flashdisk -> Port USB PC -> unknown device
      Flashdisk -> Port USB tambahan -> Port USB PC -> detection device

      semoga bermanfaat,,, :)

  4. Mustika says:

    mas tolong dong…saya ada masalah setelah ganti PSU.
    kok ga bisa internetan n di device menager, PCI nya jadi unknwon…uda coba instal dr cd ga ada yg bisa…
    gimana nih..uda format ulang pun ttp gitu PCI nya…duh napa ya mas.. bantuin dong…ga bisa instal lan card..
    please mas bantuin secepatnya…..
    hik hik…..

  5. aatblog says:

    @ Mustika,
    Apakah waktu pergantian PSU (power supply unit) itu karena PSU yang lama rusak atau cuma ingin upgrade saja ?

    Kalau masih tetap tidak bisa dan PSU yang lama tidak rusak, coba lagi dengan PSU yang lama. Jika ternyata bisa, berarti mungkin masalahnya ada pada PSU.

    Setiap device memiliki tegangan sendiri. Coba cek apakah PSU baru anda outputnya sama dengan yang lama. Hal ini masih bisa terjadi karena secara keseluruhan, LAN card anda tidak mendapatkan tegangan listrik yang cukup.

    Atau,..

    Mungkin saja LAN card anda tersenggol atau terguncang ketika anda memindahkan PSU sehingga sehingga posisinya tidak sempurna. Coba cabut LAN card anda dan kemudian plug ulang.

  6. Ardie says:

    oya mas saya mau tanya tentang masalah di linux debian woody 3.0
    waktu itu saya install system dan packagenya linux debian woody 3.0 dan saya lupa password systemnya,
    bagaimana cara membuka password tersebut? adakah cara lain? please help me

  7. Mas Andy says:

    lebih enak pake sopwer “unknown device” :D

  8. deni says:

    terma kasih atas informasinya semoga amal ibadahnya diterima allah swt

  9. deni says:

    saya punya masalah sama cd room sy tdk bisa kedetec sama bios padahal sy udah coba ke komputer yg lain ternyata gk ada masalah kenapa ya mas tolong bantu sy dong terima kasih

  10. tedirostendi says:

    Ini dia yang lagi saya cari…
    Makasih banyak mas… Blognya sangat membantu banget…

  11. aatblog says:

    @Deni,
    Untuk masalah CD-Rom, mungkin setting dibios kamu dalam sub Advanced IDE Controller Tipenya Compatible. Coba ganti dengan Enchanced. Setau saya, format compatible hanya bisa mendeteksi Harddisk dan CD-rom maximal 4 unit (gabungan antara Master-Slave dan Primary Secondary). Sementara kalau enchanced, adalah jenis pendeteksian berdasarkan banyaknya Port IDE dan Sata.

  12. mas tolong ya saya ada masalah setelah format hardisct selesai. koh nggak bisa play music, kita format ulangi lagi tetap gitu serta sound and audio device proferty nggak aktif semua, apa masalahnya kita nggak temuin ini. please tolong ya…..a kita lagi nungu masalanya Pc tersebut milik tetanga.

  13. E-mail:salmonteiro@yahoo.com
    alamat : Baucau East Timor

  14. aatblog says:

    @Salvador
    Kalau seperti itu biasanya masalahnya seputar driver. Coba lihat di device managernya apakah sound driver sudah terinstall (kemungkinan besar belum). Masalah ini bisa diselesaikan dengan menginstall driver dari CD bawaan motherboard atau cari drivernya sendiri di Internet.

  15. koemaydesign says:

    alhamdulillah….. segala puji bagi Alloh..
    makasih berat boss…. teruslah berbagi, karena ilmu semakin dibagikan, semakin banyak ilmu lain yang kita dapat, tanpa harus memeperhitungkan imbalan pun, rizkimu akan tetap mengalir untukmu sob….
    1X lagi, ane ucapkan terima kasih banget!!!
    (serius…. kalu deket bakalan gua traktir ngabaso lah…!!!)

  16. Vizard says:

    Waaaah thx berat mas aat, pas sy lg butuh-butuhnya nih, skali lg trims bnyk bnyk bnyk ya ^^

  17. Vizard says:

    Skali lg mas, nanya dng mungkin ga device sound g ke install2 gara2 windows ny eror?
    Thx b4

  18. Tyo says:

    blog yang bener2 membantu,, salut mas,, hal yang sebenarnya di anggap sepele oleh para IT,, tapi bener bener sangat membantu dan ini ilmu, mohon ijinnya untuk foward blognya ke blog saya mas

  19. culun borneo says:

    saya lagi nyari driver CD-ROOM. waktu dilihat di device manager tulisannya unknown device, waktu liat dalamnya cuma ada tulisan FDC\GENERIC_FLOPPY_DRIVE\5&278BA93&0&0

    mohon bantuannya buat cari drivernya.

    makasih….

  20. aatblog says:

    @Vizard
    Bisa saja, apalagi kalau tadinya soundcardnya sudah sempat berfungsi. Ada kemungkinan user menginstall sesuatu yang memiliki file bentrok dengan driver soundcard.

    @Tyo
    Ya tidak apa apa, ilmu memang untuk dibagi bagi kok. Ini juga saya awalnya cari dari internet.

    @Culun Borneo
    Kalau ini murni ‘cuma’ CD rom biasa tanpa fitur apa2 (seperti write, etc), jika memang kesulitan mencari driver yang tepat, bisa digunakan driver bawaan windows-nya seperti ATAPI Compatible CD-ROM. Namun jika ingin berfungsi sepenuhnya, lebih baik cari drivernya. Untuk CD-ROM lebih mudah, biasanya kita bisa mengetahui merk dan tipe CD-rom dari stiker yang sering melekat diatas perangkatnya. Dengan mengetahui merk dan tipe ini, kita bisa mencari drivernya.

  21. sonny says:

    waduh mantep.. lg butuh kali soalny kk.. tx ya artikelny.. good. update ya..

  22. agus says:

    saya pny flashdisk, tapi dikenali sebagai unkwon device, kejadiannya tiba2x laptop hang,terus flashdisk lsng gak ke baca, ada solusi untuk kembali normal?thanks

  23. uno says:

    makasih blognya nya mas ini bermanfaat bagi saya yg pemula baru knal kompter tanks yg balas yang kuasa………

  24. sony says:

    teman teman senior saya ada masalah nih klu yang punya solusi tolong bantu yah

    saya up garde prosesor dari satu menjadi dua prosesor

    power edge 2009 dengan os server 2003 stadard edition
    tetapi ada muncul beberapa aplilkasi eror dan pada divice menager di point prosesor muncul unknown divice
    keterangan

    saya sudah update bios.fmware,bmc,chipset. tp tetap saya saja ada aplikasi beberapa eror dan pada saat masuk divice manager point prosesor muncul unknown divice.

    tolong teman teman senior kalau ada solusi replay balik ya ke sonyjogja@gmail.com

    thanks

  25. FAISAL says:

    gmna yah langkah-langkah sharing device???

  26. endah says:

    wah thanks banget ya mas…. saya masih pemula.. modal nekad eh.. ketemu artikel mas. sangat membantu

  27. azzaky says:

    masalah diatas emank sering di temui Om, emank jalan terakhirnya koneksi ke internet.
    yg mau di pertanyakan Om :
    gmana kl uda install ulang tp kita lupa untuk backup drivernya Om ?
    adakah software yg jadi jalan keluar tanpa harus koneksi internet..

    mohon pencerahannya Om..

  28. Yanto says:

    Halo all , saya ada sedikit masalah nih….saya harap bisa dibantu karena udah lama saya ngga bisa denger musik di komputer saya … =( , kalo asya ke volume control dan klik kanan…timbul tulisan yang bilang there are no active mixer devices available. Lalu kalo saya check di sound and audio devices di situ bilangnya no audio device. Komputer ini pemberian dari om saya….lalu saya tanya apakah dulu sound pc ini bermasalah atau tidak, tapi dia bilang tidak ada masalah dengan suaranya…. bener2 mohon supaya dibantu…bisa gila nih jaga toko seharian ngga ada musik hahaha…..sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih…. =D.

    • aatblog says:

      Mohon maaf baru dibalas,
      COba cek dulu apakah PC-nya menang terdapat fasilitas Soundcard atau tidak.
      Caranya cek Device Manager My Computer Klik Kanan lalu pilih Properties.
      Setelah itu Pilih Hardware –> Device Manager.
      Di Treeview, ada pilihan Sound Video and Game Controllers, tekan tanda (+). Perhatikan apakah disana ada Merk soundcard yang dimaksud.
      Jika Tidak ada, padahal tadinya ada, mungkin Soundcardnya terlepas dari slot-nya. Bisa jadi karena terguncang ketika dibawa. Atau memang Soundcardnya sendiri rusak. Setahu saya, Soundcard tidaklah mahal, paling sekitar 150rb-an itu sudah bagus. ^_^

      • nathan says:

        bang, ane pnya mslh sama persis ma yg diatas (Yanto)..
        waktu ane buka device manager mnrut ane sih ga da mslh,tp ga tau jg coz ane gaptek juga sie.. tampilan dlm device manager kya gni:

        Sound,video and game controllers
        *audio codecs
        *audio codecs
        *audio codecs
        *legacy audio drivers
        *legacy video captures device
        *media control device
        *media control device
        *video codecs
        tlg bangeeettt boz,dah ane otak-atik 3abad ga nemu hsil,,
        kuping ane kangeeenn bgt ma yg namany musik..
        tlg ya bang, pliiizzz…

      • aatblog says:

        mungkin lebih enaknya capture aja gambarny dan diupload ke imageshack,… nanti linknya taruh disini,.. mungkin saya bisa bantu,..

  29. Cia says:

    Terima kasih banyak ya…sudah 2 hari saya kebingungan nyari tipe sound card laptop saya….Benar2 bermanfaat. Terima kasih sekali lagi.

  30. aatblog says:

    @Cia,
    Sama sama, senang bisa berbagi,..

  31. Hamzah says:

    permisi mas..
    mb saya intel. saya sudah cari-cari blm nemu juga link DL nya.
    ven.8086 dev.27DA
    ven.8086 dev.27D8
    VEN.10EC DEV.8136
    VEN.8086 DEV.29C2

    VEN.8086 DEV.24C5

    mohon bantuannya mas untuk link DL driver nya..

    • aatblog says:

      @Hamzah,
      Berikut adalah list dari devices yang anda punya :

      Khusus untuk Intel IDT High Audio Driver, memang ada tata cara khusus untuk driver ini. Sebelumnya silahkan download patch dari Microsoft dan baca petunjuknya untuk kasus audio ini di : http://support.microsoft.com/kb/888111

      Untuk list devices yang lain, silahkan masukan Tipe Motherboard atau device yang telah teridentifikasi tadi ke http://www.driverguide.com (perlu registrasi, gratis kok). Nanti bisa download dari sana.

      0x27DA Intel[R] 82801G (ICH7 Family) C- 27DA
      0x27d8 IDT High Definition Audio Driver
      0x27d8xzx Microsoft UAA Bus HD Audio
      0xx27d8 INTEL IDT Audio

      0x29C2 Intel(R) G33 chipset GMA3100 video
      0×8136 Realtek 8101/8102/8104/8105/8401/8168 Gigabit PCI-E NIC Family
      0x24C5 VIA Vynil v700b

  32. lhutfy says:

    wah ne artikel pas bgt am w yg lagi ke susa’an cari unknown device
    thaxz ea dah membantu saiia

  33. aditya says:

    mas,saya mau nanya.sya punya kmpter,tp ada mslah dg cd roomnya.kdang trdteksi,kdng tdk.bgmn ya?tlong blas d email sya.mkasih

  34. Nate River says:

    makasih bnyk ats tutorial-y, sngt berguna,,hatur nuhun pisan

  35. salam says:

    mas netbook sya aviranya gx bs d buka..mau di up grate jg gx bs..jd netbook sya sring eror..gmna mas..tlng di bantu ya..sya gx ngti mslh yg gini…

    • aatblog says:

      Kamu pakai avira gratisan atau yg bayar ?… bisa jadi karena itu avira kamu sudah expired. atau kalau yg gratisan,. ya berarti ada suatu file yg corrupt. Coba saja install ulang aviranya. Kalau masih ndak bisa,.. kemungkinan besar karena memang sudah ada ‘ancaman’ yg masuk ke PC kamu.

  36. AbeonE says:

    makasih bung Aat tas ilmu (Informasinya) sangat berguna dan bermanfaat :D

  37. poet says:

    Artikelnya M.A.N.T.A.P!!!
    Boss,,, klo gini apaan ya
    Unknow Device ” ACPI\PNP0C32\2 ” ???
    ganggu banget liatnya :p
    saya pake CQ 42-105tu, tolong pencerahannya

  38. dmercy says:

    mas, os saya win7, slot usb saya tidak bisa mendetek flash disk apapun namun untuk harddisk eksternal bisa. Mohon bantuannya mas. Saya sudah ikuti panduan dari mas tapi saya bingung ketika di PCI databasenya. Terakhir saya sudah uninstall unknown devicenya. makasih mas. sukses selalu

    • aatblog says:

      Ada beberapa hal yg mungkin menyebabkan masalah ini. Apakah bisa mendeteksi H/W lain selain Flashdisk ataupun HDD ?. Apa saja,..
      Kalau ada satu saja yang bisa, artinya port USB bapak berfungsi normal, namun agaknya daya listriknya kurang. Coba pindahkan ke port USB yg lain.
      Sebagai catatan, di beberapa PC, port USB yang terletak di DEPAN casing, cendrung memiliki daya listrik yg lebih sedikit. Cobalah untuk ‘mencolok’ USB atau HDD Eskternal di bagian USB yg ada dibelakang casing.

  39. dewey says:

    mas aat..sya mau tanya, kalau hardisk jadi raw atau juga dynamic kenapa ya sebabnya?apakah mas aat pernah mengalaminya, mohon pencerahannya ya.
    terima kasih

  40. zahra says:

    Mau tanya donk & pencerahannya kalau Unknow Device ” ACPI\HPQ0004\3&BFB68&0 driver tsb belum dapat nih, mohon pencerahannya (HP ProBook 4321s OS Windows XP Prof SP3)

  41. Alga says:

    gan linkdowloadnya ven 8384 dev 7682 dn ven 8086 dev27DA dimana?
    mohon bantuannya gan!!!

  42. dedi says:

    makasih buanyak om,setelah sekian instal olang os yg sia-sia,akhirnya om,memberi pencerahan.sekarang saya bisa denger musik lagiiiiiiiiiiiiii…iiiiiiiiii.
    SEKALI LAGI MAKASIHhhhhhh….hhhhhhh”

  43. Thomas says:

    Bang Aat, tolongin saya dong saya kemaren install ulang Xp Sp 2.. trus di device manager ada ? kuning detailnya: PCI\VEN_8086&DEV_3A3E&SUBSYS_A0021458&REV_00\3&13C0B0C5&0&D8
    ini berhubungan ama sound card ga? soalnya komputer saya ga keluar suara…hahahaha…maksudnya kalo saya masuk ke volume control pasti keluar: there no active devices available.. (artinya apaan sih bang??) Makasih sebelumnya bang..

  44. yanty says:

    bang,,,sya mau tnya nih…
    soundcard saya ke deteksi VIA AC’97
    sya udh berulang kali install drivernya..ttp gk bs, trus sya prnh bbrpa kli install driver realtek…gmana y bang cara nya supaya suaranya dapat kedengaran.. icon dekstop di bgian knan komp sya sdah muncul…
    1 lgi bang..apa setiap komp ada System Devices Microsoft UAA??
    saya pernah buka casing cpu saya dan tulisan di tempat motherboard nya VT6103 L itu sdah onboard atau internal y…
    bingung soalnya..gak prnah ketmu hal bgtu…
    tlong y bang bntu….
    thx…

  45. irelmattola says:

    terima kasih. artikelnya sangat membantu

  46. arya_kingking says:

    ucpan terima kasih ane, untuk agan aat. . . atas petunjuknya, ane udh cari + download + install = sukses. .
    klw dket ane traktir mie ayam & kopi dah. . . heheee
    hanya ucapan trima kasih, & doa moga masuk surga atas budi baiknya. .

  47. ga says:

    terima kasih.. ini yang saya cari gan..

  48. azies says:

    100% work (y)

  49. fahmi says:

    bang saya mau minta toong nih kenapa yah tiap colokin joystik gak kebaca tapi kalau di colokin di pc lain kebaca minta bantuannya dan uknow device nya gak ketemu drier nya

    • aatblog says:

      Kalau murni 100% plug and play (hanya pakai driver windows), ada kemungkinan driver USB port-nya. USB port memang sensitif, kurang tegangan listrik sedikit atau justru kelebihan sedikit, bisa mengakibatkan device kita tidak terbaca.

  50. alex says:

    bang klu pengen download software driver ini PCI\VEN_8086&DEV_1C10&SUBSYS_3672103C&REV_B5\3&11583659&0&E0 dan PCI\VEN_10EC&DEV_5209&SUBSYS_3672103C&REV_01\4&1067C458&0&00E4
    linknya dimana yah…. capek nih muter2 nyari blm ketemu juga..
    mohon pencerahan yaaah

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 472 other followers

