Shogun F1 : My First Impression

shogun-FiSebenarnya sudah lama motor ini keluar. Awalnya benar benar nggak tertarik karena waktu itu memang sudah punya Suzuki Shogun 125. Tapi begitu motor lawas gw rusak, setelah pilah pilih sana sini termasuk dari merek lain, akhirnya pilihan gw jatuh pada Shogun F1 ini. Banyak orang yang bertanya sama gw kenapa nggak beli motor matic atau paling nggak jangan Shogun lah,.. kan dulu dah pernah punya Shogun ?.

Ada dua hal sebenernya yang membuat gw akhirnya menjatuhkan pilihan pada Shogun F1. Yang pertama adalah masalah teknologi injeksi yang berdampak pada iritnya bensin dan yang kedua tentunya adalah masalah performa. Lalu bagaimana dengan masalah kenyamanan ? matic kan lebih nyaman ?. Ada tiga hal yang membuat gw berpaling dari motor matic. Yaitu sparepart yang diatas rata rata motor lain, lebih boros, dan spare part yang kadang sulit didapat ditempat tertentu. Contohnya waktu itu teman gw pakai matic dan ban-nya kempes. Setelah di cek di tukang tambal ban ternyata tidak bisa ditambal karena ban-nya robek. Masalah timbul ketika ban dalam yang di stock oleh si-lay hanya untuk ukuran motor biasa (matic biasanya pakai ukuran 16).

Oke, sekarang kembali ke Shogun Injeksi ini. Motor ini memiliki data dan spesifikasi yang lebih tinggi daripada Supra PGM-FI. Dan lagi, harga Shogun F1 masih dibawah Supra PGM-FI. Untuk sparepart, komponen suzuki juga lebih murah dibandingkan honda.

Banyak yang dibenahi oleh suzuki dalam keluarga Shogun 125 ini. Tapi hal itu tidak akan dibahas disini. Karena banyak referensi dliuar sana, nanti linknya dikasih dibawah deh. Gw Cuma mau kasih tau perbedaan Shogun F1 dan Shogun yang biasa (versi karburator).

shogunf1_injeksiYang pertama dan yang pasti udah pada tau yaitu ya beda antara injeksi dan karburator tentunya. Dengan adanya injeksi, bensin akan disemprotkan secara digital ke ruang bakar. Di injeksi ini juga telah terpasang temperatur suhu yang akan memungkinkan deteksi keadaan sekitar apakah dingin atau cukup panas. Dengan begitu, injeksi bensin akan menyesuaikan apakah pembakaran akan diperbesar atau tidak. Untuk kasus memakai karburator biasa, kita biasanya menyetel setting gas dan langsam pada karburator dengan menggunakan obeng. Dengan teknologi Injeksi, maka hal ini tidak lagi diperlukan. Oleh sebab itu pula pada Shogun F1, tidak terdapat tuas Choke (biasanya adanya di bagian bawah stang kiri motor).

Yang kedua adalah model velg racing dan piringan disc-nya. Pada versi injeksi, disc depannya sama dengan ukuran disc pada shogun yang menggunakan velg jari jari. Sedangkan pada model velg-nya, versi injeksi menggunakan model velg racing yang sama dengan tipe skywave (tetapi ukurannya lebih besar).

Shogun-FI_detail2Yang ketiga adalah bagian panel indikatornya. Di Shogun F1, indikator lampu sign kana-kiri digabung di tengah. Disebelah kanan ditambahkan lampu led bertuliskan F1, yang mengindikasikan operasi injeksi berjalan baik atau tidak (jika terjadi error, maka lampu akan terus berkedap kedip merah). Pada saat pertama kali kunci kontak dinyalakan, mesin akan menghidupkan alarm suhu yang akan berbunyi sekitar 2 detik. Suaranya cukup menggangu sih kata gw karena lumayan keras. Hal ini akan dibarengi dengan warna lampu led merah yang menyala. Sekitar 2 detik kemudian, barulah suara alarm berhenti dan lampu indikator led padam. Pada saat inilah, kita baru boleh menekan tombol stater electric atau meng-engkol mesin.

pic_shogunFI_part02_bYang keempat adalah pelindung knalpotnya. Yang ini sih Cuma beda modelnya doank. Pada Shogun F1, modelnya hampir sama Shogun 125 terdahulu, tapi dengan arah lubang angin yang berbeda.

Sampai saat ini, gw masih merasa enjoy dengan Shogun ini. Tapi tentu saja, kekurangannya juga ada. Yang pertama adalah masalah pada indikator lampur sign yang digabung. Hal ini membuat beberapa orang kadang lupa, tadi menyalakan lampu sign ke kanan ataukah ke kiri.

Yang kedua adalah masalah bensin yang harus menggunakan oktan diatas 91. Dengan demikian shogun F1 harus menggunakan pertamax atau lebih tinggi (tidak bisa premium). Yang berarti tentunya adalah harga lebih yang harus dibayar.

Buat kamu yang perlu motor dengan tenaga lebih besar dan perawatan yang lebih minimalis namun tetap irit bahan bakar, Shogun F1 mungkin bisa dijadikan pilihan. Namun jika anda tidak ingin membayar lebih untuk bahan bakar dan merasa terganggu dengan indikator lampu sign, Shogun RR sudah lebih dari cukup.

Regards,
aatblog

About these ads

12 Responses to Shogun F1 : My First Impression

  1. sora says:

    saya juga pengguna shogun fi, sama seperti yang dikatakan pada artikel ini keluhannya…tp saya tetep jatuh hati pada shogun fi ini, pasalnya dibogor (tmpt saya tinggal) jarang yg memakai beksi(bebek injeksi keluaran suzuki)so bangga pake motor yg jarang digunakan,,,,
    performa bagus beksi ini, tp menurut saya ga begitu irit juga c..thx info nya

  2. aatblog says:

    Saya saat ini sudah makai selama 1 setengah tahun,.. dan performanya tetap baik seperti pada saat baru-nya. Beberapa teman ada yg beli Supra PGM FI, tapi setelah coba coba,. masih enak shogun ini loh. ^_^

  3. bim_bim says:

    Ane jg beli shogun f1 bro, aluuus banget. Buat santai enak, buat kenceng stabil. Kaya bus deh pokoknya. Gara2 dah biasa pake shogun yg stabil, terrus pake bebek temen lain jd aneh rasanya. Bebek lain tu rasanya kaya pendek banget jarak as rodanya.

  4. Cliesz says:

    Tp bagi saya “Shogun Sp” the best . . .

  5. dedung says:

    hari gini masih pake bensin subsidi..malu dong brow…
    jangan menambah beban rakyat lagi…udah motornya bagus, masa gak mampu beli bensin pertamax…

  6. gufron says:

    saya pake shogun sp tahun 2005, ampe taun sekarang masih jauh top speednya dari supra x 125 bro. mantep :D

  7. coolkid says:

    ane juga pemakai shogun tp shogun R 125. Smpy skrng msih uenak bgd.

  8. Hello there, just became aware of your blog through Google, and found that
    it’s really informative. I am going to watch out for brussels. I’ll appreciate if you continue this in future.
    Lots of people will be benefited from your writing.
    Cheers!

  9. arta says:

    saya pake shogun f1 daqri tahun 2007, tapi keluhannya kadang-kadang gasnya lengket kenapa ya???dan di beri minyak tali gasnya tetap aja,kira-kira apanya mohon solusinya ke sms hp 085248444428,thank sebelumnya gan….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 472 other followers

%d bloggers like this: