Bnet Server : IDGS Public vs NusaReborn

Kalian semua tentunya sering bermain DotA ataupun custom map warcraft yang lain dalam BattleNet. Nah, ternyata ada banyak BattleNet server di jagad maya ini. Tapi, cuma sedikit dari mereka yang membolehkan kita membuat ID battlenet secara gratis. Dan, diantara yang gratis tersebut sampai saat ini gw nemuin cuma 2 (dua) Bnet server yang secara 24 jam ramai di kunjungi. Mereka adalah IDGS Public (Indogamers Free tidak dimasukan karena masih sangat sepi) dan NusaReborn. Apa kelebihan dan kekurangannya ?.. berikut sedikit penjelasannya :

1. IDGS Public

IDGS (Indogamers) public adalah suatu battleNet server yang paling populer di Indonesia. Mereka juga konsisten dalam memberikan fasilitas Bnet server.

idgs

Kelebihan dan adalah kekurangannya sbb :

Pros :

– Ramai, 24 jam atau tengah malam dijamin tetep ramai

– Ada sangsi buat user yang tidak taat hukuman, seperti leaver, stayer, dll.

– Rata rata skill pemainnya diatas rata rata.

Cons :

– Buat ID-nya sekarang bayar (wew.. katanya gratis), kecuali loe dah punya Bnet ID dari dulu

– Pembuatan ID sekarang ada nama kota-nya misal : jkt-andre, atau bdg-pieree

2. NusaReborn

nusa

berlokasi di http://www.dota.nusa.net.id, situs Bnet ini makin terkenal sebagai saingan Indogamers belakangan ini. Pembuatan ID-nya mulai agak sulit, karena sekarang cuma bisa 1 email = 1 ID Bnet. Kalau dulu beberapa ID Bnet bisa dibuat dalam 1 email adress.

Kelebihan dan adalah kekurangannya sbb :

Pros :

– 100% free. registrasi mudah, 1 email address 1 nick Bnet server

– Pembuatan ID tidak harus memakai nama kota

Cons :

– Belum ada sangsi yang jelas (boleh leaver saat bermain, boleh cela cela-an) dsb.

– Server kadang masih suka down

Kalau kalian lebih suka main dimana ?..

30 Responses to Bnet Server : IDGS Public vs NusaReborn

  1. – 100% free. registrasi mudah, 1 email address 1 nick Bnet server

    – Pembuatan ID tidak harus memakai nama kota

    Cons :

    – Belum ada sangsi yang jelas (boleh leaver saat bermain, boleh cela cela-an) dsb.

    Jawab: Siapa bilang belum ada sangsi yang jelas ? maap bukan`nya cari masalah. Disini saya cuma ingin menegaskan tentang peraturan yang ada di NusaReborn. “Ada sangsi buat user yang tidak taat hukuman, seperti leaver, stayer, dll”.

    – Server kadang masih suka down

    Jawab: Tidak untuk masalah ini. Sekarang sudah dijamin 95% lancar (anggap 5% gangguan PLN). Kalau masih ada beberapa kendala harap maklum. Mungkin gangguan dari pusat. Tapi hampir 100% tidak akan down seperti yang terjadi sebelum`nya.

    NB : Sebelum`nya saya berterima kasih sudah dibilang Server NusaReborn sudah menyaingi Indogamers Public. Mungkin memang belum bisa menyaingi 100% server Indogamers Public. Tapi disini kita para Crew NusaReborn tidak berniat untuk menyaingi Indogamers Public. Kita cuma ingin membuat player dota nyaman. Dikarenakan sepertinya Indogamers Public banyak menilai server dia dengan uang. Bukan untuk kesenangan player.

    Mungkin bisa diperbaiki oleh Admin situs ini tentang server NusaReborn.

    Thanks.

    Best Regard, All CRew of NusaReborn

  2. aatblog says:

    @Hery
    Posting ini sudah dari Desember 2008. Dan saya mohon maaf kalau memang posting ini tidak diupdate. Makin lama saya rasakan server Nusa makin baik. Saat ini, malah sudah ada sangsi bagi yang melanggar seperti Leaver, Stayer dll.

    Masalah down juga saat ini saya secara pribadi justru sama sekali belum pernah lagi menemukan NusaReborn Down. Jadi memang perkembangannya saya kira sangat cepat.

    Saat ini, walaupun saya memiliki beberapa ID Indogamers, terus terang saat ini saya tidak pernah lagi menggunakannya. Karena saya lebih sering main di NusaReborn. Artinya, saya pribadi saat ini memang telah memilih server ini untuk bermain DotA Bnet. Saya juga yakin sekali banyak orang yang sependapat demikian, karena cobalah masuk ke server Nusa pada hari kerja tengah malam misalnya, user yang create game DotA masih tetap ada (bandingkan dengan dulu yg sering kosong / tidak ada user).

    Hal ini juga secara langsung atau tidak, membuktikan bahwa NusaReborn semakin menjadi alternatif untuk join ke DotA Bnet Server. Adalah baik bagi DotA user, karena dengan adanya 2 Bnet server yang setara, user dapat meng-explore kemampuan jam terbangnya dengan lebih baik. Hal ini juga membuat persaingan positif bagi Nusa dan IDGS untuk terus memberikan peningkatan pelayanan kepada DotA User.

    Kadang sering saya join di IDGS dan banyak player disana yg mencemooh lawannya ketika kalah dengan sebutan “Pasti anak Nusa ya, Copo sih”,.. dan sebagainya, saya kira hal itu adalah cuma masalah waktu. Kedepannya saya yakin orang2 di Nusa akan lebih improve lagi, justru orang2 yang sudah merasa ‘menang’ akan lengah dan tergelincir. Karena walaupun ini hanya game, tetap saja berlaku hukum alam “Tidak ada yang abadi”, termasuk kualitas permainan DotA.

    Kalau ada yang sampai saat ini saya rasa masih kurang dari NusaReborn, adalah respon dari para moderator yang menindak para Leaver. Kadang banyak sekali laporan yang agak lama di urus. Tapi sekali lagi saya pribadi bisa memakluminya, karena seiring seleksi alam ter-black-listnya user yang berbuat pelanggaran, kedepannya pasti akan semakin banyak para pemain yang lebih bertanggung jawab.

    So posting ini bukan untuk menyudutkan salah satu Bnet server, melainkan justru hanya mencoba membuat kedua server ini semakin baik,.. walaupun tergantung dari sisi mana yang membaca artikel ini memandang.

  3. henri winata says:

    kk sya pernah bikin id di nusa tapi lupa passwordnya,cara tau passwordnya lagi gimana ya????

  4. -[c]ilox says:

    biasanya sih….gw suka main di server Neo-MGI karena gw rasakan main disana lebih lancar tanpa lag…apa lagi klo masuk BOT MGI pasti lancar abis padahal gw main pake koneksi telkomflash di rumah dengan pink 110 ^^

    klo mau coba join silahkan di server Neo-MGI
    IP : pvpgn.mediagamer.biz
    Zone : 7

  5. -[c]ilox says:

    oh….iya 1 lg id masih gratis dan langsung dibuat, tnggal create account aje ^^

    1 bln lg ada persiapan event juga loh….
    event by1 ^^

  6. luke says:

    ID Nusa masih gratis tapi tidak semudah dulu pembuatannya. Dulu tinggal daftar di website, sekarang harus kirim email ke adminnya. Untuk memperketat hukuman kalo leaver dkk.
    Kalo saya sih masih main di Nusa, saya blm pernah main di IDGS tapi katanya dewa-dewa semua dan lebih jago dari anak Nusa, tapi alasan saya utama sih ogah bayar buat bikin ID main dota doang.
    Lagipula kadang-kadang main di Nusa susah ketebak kok, kadang2 ada yang bener2 jago, level awl2 udah bisa bikin taras, ato ada yang masih ga jago, kadang2 suka nyerang sendiri padahal musuhnya banyak. overall sih Nusa tempat yang bagus buat main dota lawan orang2. Ketauan skill coponya kalo main ama AI mulu… Cuma kekurangannya kadang2 suka ada yang banyak bacot padahal skill nya ga dewa, jagony biasa aja,

  7. tlus says:

    jujur aja ..

    pemain2 nusa dibanding indogamers tuh jauh

    skill pemain nusa dibawah rata2
    dan skill pemain idgs diatas rata2

  8. aatblog says:

    @Lurke & Tlus
    Gw cuma ingin menanggapi tentang pemasalahan dan anggapan bawah pemain Nusa skill-nya dibawah rata rata IDGS. Hal itu tidaklah sepenuhnya benar,..

    Sama hal-nya kalau dibilang murid murid di SMA X lebih pintar dari murid murid di SMA Y. Hal ini tidak bisa disamaratakan begitu saja, karena bagaimanapun penilaian ini bersifat majemuk, tapi tidak selalu.

    Seperti halnya Nusa dan IDGS, ada banyak faktor yang sulit diukur untuk menarik sebuah kesimpulan bahwa satu player dari PVPGN yang satu lebih baik dari PVPGN yang lain. Hal ini belum ditambah dengan fakta bahwa beberapa IDGS member juga menjadi Nusa Member.

    Jadi, daripada mempermasalahkan bahwa server yang satu lebih baik daripada server yang lain, lebih baik kita coba improve diri kita sendiri dan menjalani kode etik yang berlaku di DoTa.

    Selamat Bermain,

  9. andri rulandi says:

    Kk tlng buatin id di nusa donk.Pgen maen tp slalu mnjem id tmen jdi ga enak kk.tlng y ka krm kemail saya y andri_darkmask@yahoo.com trma ksih

  10. Epicenter says:

    Sekarang

    Nusa , perkembangan nya cukup cepet…
    ayo kita ramaikan server di nusa ini…

    Dan

    pembuatan ID Battle net = 50.000
    bayar dech!!!

    bisa baca di sini http://forum.nusa.net.id/

  11. aatblog says:

    @Epicenter
    Terima kasih untuk update infonya,…

  12. hendracupu says:

    jujur aja,,gara ada kata Rp 50.000 rasanya IDGS di sudutkan banget… Padahal Rp 50.000 tersebut bukan untuk bayar ID melainkan jadi premium member dari forum IDGS dah juga donatur. Salah satu fitur dari premim member adalah bisa mendapatkan ID IDGS PUBLIC ? JUNIOR.Soalnya forum IDGS udah maju,,dan tentu yang namanya web buth dana buat tetep eksis… jadi tolong di bedakan bayar dengan donasi.. kalupun memang merasa berat,, IDGS Free juga ada… pembuatan ID juga gampang.. pokoknya enjoy aja deh.. ga penting mana IDGS mana Nusa,, yang pentung DotA dan FUN!

  13. aatblog says:

    @HendraCupu
    Sekarangpun Nusa juga sudah bayar. Sama juga Rp.50.000,-

    Gw nggak bermaksud untuk menyudutkan salah satu. Justru kalau para Bnet Server makin membenahi diri, kita juga sebagai user yg diuntungkan,..

    Gw setuju sama elo,.. ga penting di server mana kita main,.. yg penting DotA and Fun,.. ahppy DotA !!!

  14. iroel says:

    Gw ga pernah maen IDGS yg pro ato junior. Klo maen yg di IDGS free pernah. Skillnya ga ada bedanya ma nusa (baik maen dota ato tower). Tapi jujur aja, pengalaman gw mae di server nusa yg ngga nguatin tuh OPERATORnya. Sumpah, peraturan emang ada, tapi buktinya masih dari jauh dari harapan.
    Gw post yg leaver, canceler, gw cek nggak ada yg diurus. Kata operatornya, yg dibanned 500 id/hari. Gw bilang, klo mau gw bantuin ngebanned. Tapi katanya ‘udah beres kle’. Gw bales, ‘So? Apa masih ada masalah?’. Dianya diem aja, bacot iya, aksi nol. Itu cuman salah satu contoh. Operatornya udah lumayan banyak, tapi yg tanggap mungkin 5%. Sepertinya ada sistem tebang pilih di server Nusa. Operator menghina user ga kena sangsi. Tapi klo user menghina operator klo nggak dikick ya dibanned. Gw dulu daftar waktu promo gratis (yg pake KTP) juga nggak diurus. Gpp seh, namanya juga gratisan, terserah yg punya. Tapi klo udah bayar, harusnya kualitas juga lebih baik donk. Gw paling nggak suka klo bot NUSA out, tiba2 channelnya di moderate. Apalagi klo yg dibanned dikeluarin di channel smua, channel Nusa isinya cuman teks2 ngga penting. Akhir2 ini bot nusa juga sering error. Klo join room, mesti download map, padahal udah punya (itu kata operatornya sendiri loh).

    Ada komentar?

  15. kill-me says:

    nusareborn menjijikan

  16. kocrit says:

    bikin Id sekarang bayar bung….mau maen aja susah amet…zliiiiit

  17. adam lambert says:

    liat aja deh postingan di forum kaskus
    tempat nebeng anak” nusa
    mereka ga berani ke public karena takut dibuli-buli

  18. aatblog says:

    @Adam
    Gimana kalau diadakan aja pertarungan antara anak Nusa dan anak Public ya ?… bakalan seru kayaknya..

  19. abc says:

    so what leaver… main fun aja….. kalo ga mau leaver main CW Clan War ma yg jago2… bego lo smua… maunya lawan cupui… pas lo bully kabur kesel… cacad… CW ma clan gwa kalo berani…. kalo di garena main di room lvl tinggi kaya CW smmua

  20. aatblog says:

    @Iroel
    Tanggapan anda sungguh luar biasa. Semoga pendapat anda terdengar oleh kru Nusa yang bertugas. Tentunya akan menjadi masukan yang berharga yang ujung2nya tentu akan mengingkatkan kualitas Nusa sendiri. Happy DotA. ^_^v

  21. rendra says:

    bingung maen nusa atau IDGS ?
    garena juga manteb! klo digarena utk turnamen baik lokal maupun overseas disediakan..plus anda bisa bermain bersama pmain dota luar negri..
    dpt improve lah bahasa inggris kalian skalian fun maen dota
    haha

  22. Oxygamers says:

    Maen d Oxygamers aja mumpung server masih sepi dan pembuatna id masih gratis

    ni Bnet editornya

    Name: Oxygamer
    Ip : 203.79.29.105
    Time: 7

  23. aatblog says:

    @Rendra & Oxygamers
    Pilihan yang menarik,.. Garena saya sudah pernah coba,.. tapi Oxygamers belum. Semoga kedua server ini kedepannya semakin populer yaaa,.. jadi akan membuat peta persaingan Bnet server menjadi lebih kompetitif,..

  24. [ScK]-gOdghOsT- says:

    New Server Dota Lebay

    IP:bnet.lebay.us
    Tz: 7

    Website : http://www.lebay.us

    Ada event menarik , server up no maintence.. anti lag..

    Staff Friendly..

    Hayo pada Mampir ada event mingguan loh berhadiah!
    Join Us!!

    Regads,

    Samuel

  25. atc says:

    kk koq server nusa di tmpt saya ga bs masuk yah ? ipnya di perbarui ???tb” ajh ga bs msk … plis repp

  26. JOEY says:

    Maen di RPG
    ip : dota.republikgame.in
    tzone : 7
    register : http://dota.republikgame.in/register
    (1 email = 1 id)
    sudah ramai 500an user

  27. andry hardiyanto says:

    —========Server PVPGN DGI========—
    Name : DGI
    ZonE : 7
    IP : 110.5.109.114 / dota.gamersindo.us
    Pendaftaran ID Melalui Web :

    http://dota.gamersindo.us/register
    … Forum : http://forum.gamersindo.us/
    Ayo Ajak Temen” Kalian Bermain Di Server DGI
    Terdapat 20 Bot Gratis Tinggal Pakai
    Di Channel :
    Clan Wma
    Dota
    Clan Fgr`
    Dan Dalam 1 Bulan Akan Di Adakan Event Sebanyak 2x
    Macam” Event :
    Event Pokemon
    Event Clan War
    Event By 1
    Dll

    AYO GAN SINI GABUNG …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: