Tahun 2009 : Anak SD masuk 06:30

Apa salah satu issue besar yang akan terjadi di tahun 2009 ?,  jawaban salah satunya boleh jadi adalah perihal masuknya anak sekolah yang lebih pagi dari biasanya. Betul sekali anak sekolah mulai 5 januari 2009 akan masuk jam 6:30 (setengah tujuh pagi) !!!, atau 30 menit lebih pagi dari biasanya. Menurut gw sih ini sangat sangat nggak efektif, karena ga akan menanggulangi masalah kemacetan.

Orang dewasa yang punya masalah, kenapa juga harus anak SD (baca : generasi penerus) yang jadi korban ???…

Masih punya nuranikah negara ini ?… berikut kutipan yang gw sadur ulang dari poskota :

(Sumber kutipan : Poskota)

Mengurai kemacetan lalu lintas di Jakarta, mulai Januari 2009 mendatang, Pemrop DKI akan berlakukan perubahan jam masuk sekolah pada tingkat SD hingga SMA. Semula pada pukul 07:00 WIB menjadi pukul 06:30 WIB.

Rencana itu diungkapkan Prijanto, Wakil Gubernur DKI, di Balaikota DKI, Jumat (21/11) siang. Menurutnya, kebijakan itu antara lain untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di DKI. “Jika ini bisa terlaksana, maka sekitar 14 persen kemacetan di Jakarta bisa diatasi. Karena kendaraan tidak bersamaan tumpah ruah di jalan” kata Prijanto.

Prijanto menyebutkan, bukan hanya jam masuk sekolah yang berubah. Tapi juga jam masuk karyawan swasta. Hanya saja jam masuk ini tidak sama, yakni wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Utara, jam masuk kerja pada pukul 07:30 WIB, wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Timur pada pukul 08:00 WIB, wilayah Jakarta Selatan pada pukul 09:00 WIB. Sedangkan jam masuk PNS termasuk jajaran Pemda DKI, tidak ada perubahan waktu, yakni pukul 07:30 WIB hingga pukul 16:00 WIB.

“Perubahan jam kantor swasta hanya bersifat imbauan, bukan peraturan. Namun diharapkan perusahaan dapat mengikutinya,” ujar Prijanto.

Namun, langkah pemda tersebut mengundang reaksi pro dan kontra. Ketua Forum Warga Jakarta, Azaz Tigor Nainggolan, menilai kebijakan perubahan jam masuk siswa tersebut kurang efektif dan percuma, apabila tidak lebih dahulu melakukan pembatasan jumlah kendaraan pribadi.

Menurut dia, tidak seimbangnya pertumbuhan jalan dengan jumlah kendaraan dan buruknya sistem transportasi kian memperparah kondisi kemacetan di ibukota. “Kedua hal itulah yang seharusnya dibenahi di Jakarta, bukan mengatur aktifitas warga,” tandas Azaz.

RAWAN MACET
Pos Kota memantau beberapa lokasi sekolah rawan kemacetan lalulintas, antara lain di Jakarta Pusat, Sekolah Santa Ursula, Jalan Pasar Baru dan Jalan Lapangan Banteng, Sekolah Kalisius Canisius, Jalan Menteng Raya, dan Sekolah Theresia di Jalan Theresia, Menteng.

Di Jakarta Timur, di kawasan Jalan Raya Ciracas, karena di lokasi ini terdapat SMAN 58 , SMAN 64 , SMAN l05, SMPN 9 dan kompleks sekolah Bina Dharma. Selain itu, di sepanjang Kali Malang karena banyak ditemukan lokasi sekolah.

Widiastuti, satu Guru SMA Negeri di Jakarta Timur, menyambut baik perubahan jam masuk sekolah. ”Bila siswa berangkat lebih awal, kepadatan lalu lintas diharapkan bisa berkurang,” katanya. Saat ini, di tempat dia mengajar sudah diterapkan jam masuk pukul 06.45 WIB. ”Setelah jam enam lewat empat lima, gerbang pintu masuk langsung ditutup. Siswa yang terlambat dipulangkan,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: