Life Descent Systems

Life Descent Systems (Tali Terjun)

Semoga jangan terjadi sama diri kita ya,.. tapi pernah nggak kalian ngebayangin jika kita terjebak di lantai atas gedung tinggi yang terbakar ?.. semua peralatan elektronik termasuk listrik dan lift mati, sementara akses tangga darurat sudah tertutup karena dilahap oleh si jago merah. Apa yang bisa kita lakukan ?.. Selain tetap berdoa dan berusaha, Life Descent System (LDS) atau yang biasa di sebut dengan tali terjun penyelamat mungkin adalah salah satu jawabannya.

Life Descent System adalah sebuah perangkat yang didesain khusus untuk hal hal semacam ini. Satu set alat ini terdiri dari tali khusus, jangkar pengait, mekanisme pengereman, dan kait badan atau mirip dengan kait pengaman  badan yang sering kita gunakan pada waktu kita mau mengikuti outbond games flying fox atau sejenisnya. Cara menggunakannya pun cukup mudah,.. tinggal pasang kait pengaman badan, dan kaitkan jangkar pada salah satu titik gedung. Dan kita tinggal ‘meluncur’ ke bawah.

Tidak usah khawatir dengan kecepatan turunnya, karena dengan alat pengereman yang baik, alat ini di kalim tidak akan melebihi kecepatan turun sejauh 2m/detik. Jadinya masih aman banget buat kita.

Alat mekanisme yang di desain dan dibuat oleh Procare International ini memang sengaja dibuat untuk masalah keadaan darurat yang salah satunya disebabkan oleh kebakaran pada gedung gedung tinggi ini. ALat ini mengantongi sertifikasi dari CE dan AS/NZS International serta memiliki penggantian asuransi keamanan sampai dengan 10 juta dollar amerika !!!.

Panjang tali yang digunakan pada tiap LDS ini juga berbeda beda dan dapat dipilih sesuai kebutuhan, mulai dari 25 meter sampai dengan 200 meter. Ketahanannya bagaimana ?.. tenang,.. karena alat ini juga dinilai mampu mengangkat mengatrol beban sampai dengan 300 kilogram. Namun demikian, untuk menjaga segala kemungkinan, ada baiknya beban yang dikatrol tidak melebihi 150 kilogram.

Sayangnya alat ini memang didesain untuk digunakan oleh satu orang saja, oleh sebab itu setiap perusahaan yang sedang mencari salah satu penanggulangan  resiko, harus membeli banyak. Kebayang kan kalau di gedung pencakar langit di jakarta yang memiliki 25 lantai saja, berapa banyak karyawan yang ada di sana ?.. apakah harus disediakan satu satu ?

Tapi sekali lagi, cost yang dikeluarkan untuk menyelamatkan nyawa manusia tentunya tidak bisa dinilai. Oleh sebab itu sisi harga hendaknya tidak menjadi barometer pembelian alat ini. Karena alat ini diharapkan bisa memberi jawaban bagi para pengelola bangunan tinggi yang masih mencari perangkat penyelamatan bagi para penghuninya.

Mau mencoba ?.. gw sih mau aja,.. tapi cuma latian doank ya,.. jangan sampai deh di kejadian nyata,… ^_^.

4 Responses to Life Descent Systems

  1. Andry says:

    aku sudah pernah mikir2 jg alat penyelamat model gini.. cuman semisal kita ada di lantai 9 trus lantai 3-6 kebakaran alat penyelamat kaya gini kurang efektif khan at…

  2. aatblog says:

    Bukannya bisa ndri ?…
    Elo takutnya kenapa api ya pas di 3 lantai itu ?…
    mungkin kan ada juga kali disediakan baju anti api ?.. who knows yaa… hahaha…

  3. Inra says:

    Mohon Informasi Mas, Supplier alat2 tersebut
    Tks

  4. aatblog says:

    @Inra,
    Terus terang, alat ini memang agak sulit ditemukan. Saya sendiri belum tau dimana bisa membelinya, walaupun sudah sering melihatnya,.. T_T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: