Situ Gintung Berduka

Kunci Sukses adalah Kepercayaan DiriPagi 27 Maret 2009, itu gw nggak berangkat kerja karena harus kontrol ke dokter. Jadi hari itu gw lalui dengan tetap setia memeluk guling sampai jam 8 pagi. Semua nampak biasa saja sampai akhirnya teman kerja gw nelpon ngasih tau bahwa tanggul situ gintung jebol. Eh ?… kok bisa ?.. langsung aja gw liat berita di televisi dan ternyata bencananya benar benar sangat dahsyat.

Gw baru inget ketika tadi pagi sayup sayup terdengar suara orang diluar berkata bahwa jalanan di situ gintung macet. Gw pikir mah,.. ah biasa,.. kan kalau ujan jalanan didepan warnet the patch ciputat banjir. Jadi gw sama sekali nggak ambil pusing. Dan ternyata perkiraan gw salah. Bencana Tsunami kecil sudah terjadi. Air danau situ gintung seluas 31 hektar tersebut tumpah ruah ke jalan. Bisa dibayangin kan ?… efeknya sampai radius 4 kilometer.

Gw pribadi sampai mau batalin berkunjung ke dokter. Tapi masalahnya adalah gw dah terrlanjur bikin janji. Dan gw pikir kalau lewat jalan tol dari BSD langsung ke Pondok indah nggak macet. Dan sekali lagi perkiraan gw salah. Rute yang gw tempuh biasa hanya dalam sekitar 45 menit,.. saat itu gw temput lebih dari 1 jam. Dan yang lebih parah, ketika gw pulang kembali ke pamulang berbarengan dengan orang pulang kerja, perjalanan dari pondok indah ke pamulang memakan waktu 3 Jam !!!.

Situ Gintung tadinya adalah sebuah restoran, taman rekreasi, dan kolam renang yang menghadirkan suasana pegunungan di tengah kota dengan berbagai macam fasilitas seperti taman, aneka saung, arena bermain anak, lapangan olahraga, pemancingan, zona petualang, dan waterboom. Sebegitu luasnya daerah ini sampai biasa disebut orang sekitar dengan Pulau Situ Gintung.

Situ gintung merupakan situ (danau) buatan yang airnya diambil dari membendung anak kali pesanggrahan. Awalnya tanggul yang dibuat pada masa penjajahan belanda ini diperuntukan untuk irigasi. Oleh karena itulah posisinya ada diatas dan berbukit bukit. Namun seiring berkembangnya waktu, lahan tanah yang kosong ini digunakan untuk warga sekitar untuk membangun rumah, sehingga ketahanan tanggul sendiri berkurang.

Karena kadar airnya yang diatas 500 liter per meter kubik, maka tanggul Situ Gintung ini termasuk salah satu Situ yang mendapat pengawasan dan perhatian berkala dari Dirjen Pekerjaan Umum. Inspeksi setidaknya dilakukan minimal setahun sekali untuk melihat kondisi tanggul. Inspeksi terakhir yang dilakukan adalah bulan juli tahun 2008. Hasil dari inspeksi ini adalah pembuatan jogging track (jalan) diatas tanggul guna mengamankan daerah tanggul dari kesempatan untuk mendirikan bagunan lain disekitar tanggul. Dan dari kejauhan memang, hal ini menambah pesona serta keindahan Situ Gintung itu sendiri.

Namun, saat ini pemandangan indah tersebut hanya tinggal kenangan. Lebih dari 90 orang meninggal dunia dan lebih dari 50 orang lainnya dinyatakan hilang. Belum lagi jumlah orang yang luka luka.Tanggul mengalami erosi dan jebol sebagian kecil sebenarnya sudah pernah terjadi pada tahun 2007. Lambat laun keretakan tersebut makin parah sehingga ketika terjadi hujan besar seperti sekarang,.. tanggul tersebut jebol seluruhnya.

Kejadiannya adalah ketika pukul 02:00 dini hari, tanggul sudah jebol,.. tapi orang menyangka itu banjir biasa. Terdengar suara seperti pesawat mau mendarat dan orang menyangka bahwa itu adalah suara halilintar. Pukul 03:00 kembali terdengar suara tersebut namun sekitar 15 menitan kembali reda. Puncaknya adalah pukul 04:30, ketika ahirnya tanggul sudah tidak mampu menahan desakan air yang makin kuat sehingga terjadilah Tsunami kecil tersebut.

Aatblog dengan ini turut berbela sungkawa atas tragedi ini. Semoga keluarga korban yang selamat diberikan kekuatan dan ketabahan menghadapi cobaan ini. Dan arwah para korban semoga diterima di sisi-Nya. Namun yang lebih penting adalah himbauan dan gerak cepat pemerintah untuk mencari solusi masalah ini, supaya hal yang sama tidak akan pernah terjadi lagi di tempat manapun!!!.  Amiin,..

Leave a Reply

