Download Mp3 ? Didenda Rp6,7 Miliar

cd-gembokTentunya yang dimaksud disini adalah file MP3 yang ilegal. Di dunia maya sangat banyak file ini bersebaran. Kita tinggal pilih dan lagu tersebut langsung jadi punya kita alias gratis. Cuma 1 file lagu, kelihatannya sepele memang, tetapi bayangkanlah jika file itu adalah lagu hits dari suatu musisi terkenal. Dari sisi materiil, biasanya orang akan sungkan untuk membeli album asli musisi tersebut jika bisa mendownload gratis dari internet. Sehingga, penjualan CD dan MP3 original musisi tersebut dipastikan jeblok.

Contoh gampangnya mungkin bisa dilihat dari royalti RBT yang didapat (almarhum) Mbah Surip “Tak Gendong” hingga mencapai sebesar 4,6 Milliar rupiah. Itu baru satu lagu,.. belum lagi dari lagu yang lainnya. Nah kebayang kan kalau misalnya seluruh pengguna HP mendapatkan RBT tersebut dengan cara ilegal. Maka Mbah surip tidak akan mendapatkan uang sebesar itu kan ?. Itu baru dari sisi materiil, belum lagi kalau bicara masalah moril. Masalah pembajakan bukanlah suatu perbuatan ‘enteng’ yang bisa didiamkan begitu saja. Hal ini bisa diartikan sebagai pembunuhan karakter sehingga bisa saja ada suatu musisi yang lagunya banyak dikenal dan dinyanyikan orang namun ia tidak menerima uang sebesar yang ia harapkan, sehingga kedepannya musisi tersebut patah-arang dan membuatnya kehilangan ekspektasi dan tidak mau menciptakan karya karya dibidang musik. Sungguh sayang sekali bukan ?, Nah berikut adalah salah satu contoh yang diambil dari okezone.com mengenai salah satu kasus ‘kecil’ pen-download-an Mp3.

BOSTON – Seorang mahasiswa Boston University, Joel Tenenbaum diganjar denda USD675 ribu atau sekira Rp6,7 miliar rupiah gara-gara mengunduh lagu-lagu di internet. Kasus ini sekaligus menjadi kasus kedua di Amerika Serikat setelah kasus yang menimpa warga Minnesotta, Jammie Thomas Rassett beberapa waktu lalu. Ketika itu, Jamie diganjar denda sekira USD 1,92 juta gara-gara mengunduh 24 lagu secara ilegal.

Seperti dilansir Informationweek, Senin (3/8/2009), Joel Tenenbaum dituntut akibat berbagi 30 file lagu dengan menggunakan komputer di kampus dan rumahnya. Pengadilan Inggris memang menyatakan, perusahaan rekaman berhak menerima sekira USD750 hingga USD30 ribu per lagu, bahkan denda itu bisa meningkat hingga USD150 ribu. Untuk kasus Tenenbaum, pengadilan mengganjar USD22.500 per lagu.

Beberapa perusahaan rekaman yang menuntut tenenbaum antara lain, Universal Music Group, Warner Music Group dan Sony. Di Indonesia sendiri telah diterapkan undang undang dunia maya dengan ancaman pidana mulai dari satu hingga sepuluh tahun dan denda mulai dari 100 juta hingga 10 milliar rupiah.

Nah,.. masih mau download MP3 bajakan ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: