Penyakit Sembuh dengan Kembali Bekerja

Apakah Anda termasuk orang yang suka sakit-sakitan sehingga seringkali tidak masuk kantor? Mungkin salah satu cara menyembuhkannya adalah dengan segera bekerja kembali.

Dr Keith Hopcroft, kolumnis the Sun di London mengatakan jika harus izin bekerja akibat sakit sebaiknya jangan terlalu lama karena seseorang yang sakit-sakitan mungkin bisa cepat sembuh jika ia kembali harus bekerja.

Hal ini untuk mencegah efek jangka panjang ketidakmampuan bekerja. Karena jika terlalu lama tidak masuk kantor, tubuh memerlukan waktu untuk adaptasi kembali.

Dikutip dari The Sun, Jumat (15/10/2010) melakukan pekerjaan baik untuk kesehatan. Karena kembali bekerja akan memberikan alasan bagi seseorang untuk bangun setiap pagi, meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan kehidupan sosial serta membantu seseorang mengurangi keluhan atau rintihan.

Kondisi ini pula yang mungkin menyebabkan orang yang terus bekerja paruh waktu meski sudah pensiun memiliki kondisi kesehatan yang lebih baik, dibandingkan dengan orang yang tidak bekerja sama sekali.

Dari data statistik Plus menyarankan agar karyawan kembali bekerja secepat mungkin setelah penyakitnya hilang, hal ini untuk membantu masa pemulihan dari penyakit tersebut. Meski demikian masih ada beberapa orang yang tidak percaya dengan hal tersebut dan berpikir hal ini akan memperparah kondisi kesehatannya.

Masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh pekerja adalah nyeri punggung dan juga depresi, tapi kedua kondisi ini akan benar-benar terbantu pemulihannya jika seseorang kembali bekerja. Dengan bekerja seseorang akan kembali menjadi aktif dan dapat mengalihkan pikirannya dari rasa sakit.

Menurut Menurut Dr Keith Hopcroft jika seseorang mengalami depresi, kembali bekerja akan membuat pikirannya tetap aktif. Karena jika ia terlalu lama berada di rumah akan terus menerus bersedih, bosan dan merasa muak. Namun jika depresi akibat pekerjaan, maka menghindari pekerjaan bukanlah solusi untuk memecahkan masalah. Meskipun seseorang belum merasa pulih 100 persen, kembali bekerja akan membuat kondisi menjadi lebih baik.

Melakukan suatu pekerjaan yang tidak sesuai memang kadang-kadang menjadi bumerang, sehingga seringkali ia merasa diperlakukan tidak adil. Karenanya kebugaran tidak hanya mencakup fisik saja, melainkan juga pikiran yang nantinya dapat berpengaruh ke bagian tubuh lain.

 

Sumber : http://www.detikhealth.com/read/2010/10/15/160026/1466123/766/penyakit-sembuh-dengan-kembali-bekerja?l993306763


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: